Langsung ke konten utama

SEJARAH KUE MANCO



Tambakmas merupakan desa yang terletak barat daya kabupaten madiun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan.
Dilihat dari jejak arkeologisnya Desa Tambakmas berada di daratan daerah agraris yang merupakan kademangan kerajaan gelang-gelang dilihat dari peninggalan punden sumbul dengan kondisi tidak terawat, letak di tengah persawahan (berupa punthuk) terdapat batu-batu umpak arca yang bermotif kan Nagaraja, batu-batu bata kuno ukuran besar berserakan dan bermotif galur yang identik dengan Batu bata di situs Ngurawan, menurut warga Bapak Mamak Keluarga Basyariah Sewulan Dagangan pernah menginventaris pada tahun 1990 an situs ini masih berujud candi terletak persis di perbatasan desa tambakmas dengan desa palur.
Salah satu dusun di Desa Tambakmas ini yaitu Grogol, asal kata dari garogol adalah sebuah perangkap yang terbuat dari tombak-tombak untuk menjebak binatang buas dulunya dusun grogol ini merupakan hutan lebat, di dalam dusun grogol ini terdapat sumur guling sesungguhnya sumur ini merupakan arung yaitu salah satu instalasi keairan yang terdapat pada masa jawa kuna, berbentuk saluran air yang terletak di bawah permukaan tanah (Cahyono & Suprapto, 1994:14)
Selain letaknya yang agraris dusun grogol ini juga terdapat usaha rumahan yang menjadi icon desa Tambakmas yaitu usaha rumahan “Kue Manco” yang sudah turun temurun sejak ratusan tahun. Menurut mbah ni  salah satu orang tertua di dusun ini menceritakan bahwa kue manco itu sudah ada sejak dia kecil seingatnya beliau pernah membantu mbah Nyiwek dalam membuat manco, dalam proses pembuatan manco sendiri hanya bisa dibuat didusun grogol, jika dibuat diluar dusun ini tidak akan terbentuk kue dan berserat dalamnya, awalnya kue manco itu terkenal dengan manco karok (terbuat dari beras yang berwarna putih dan merah) konon warna merah putih itu merupakan simbol panji-panji dari kerajaan gelang-gelang.
Manco dahulu bungkusnya dari daun jati yang di bentuk contong ketika di jual di pasar bentuknya ada yang bulat, segi tiga ataupun kotak, bagian tengah Manco kopong dan berserat, seiring perjalanan waktu dan akulturasi budaya muncul inovasi hingga sekarang ada manco kacang, manco wijen dan manco beras. Manco merupakan adonan tepung ketan yang kenyal, digoreng garing dengan pasir dan dibalut dengan gula merah yang lengket manis. Permukaannya ditaburi dengan biji kacang, wijen, beras. Kue ini ketika dikunyah sifatnya lengket. Itu melambangkan budaya Indonesia yaitu orang-orangnya memiliki hubungan yang dekat satu sama lain. Selain itu, kue manco juga rasanya manis melambangkan pengalaman manis saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL & POTENSI DESA TAMBAKMAS, KKN UNMER MADIUN 2016

Desa Tambakmas merupakan desa yang terletak paling selatan dan sebelah barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Magetan. Dalam letak geografis Desa Tambakmas berada di daratan daerah agraris yang man masyarakatnya banyak bercocok tanam atau bertani. Beberapa hasil pertanian yang menjadi komoditas unggulan di Desa ini diantaranya ada seperti Padi, Kacang tanah, Jagung, tebu dan macam palawija. Selain letaknya yang agraris Desa Tambakmas juga terdapat usaha rumahan yang dapat menjadi icon desa, yaitu usaha rumahan “Kue Manco” dan “Gula Merah Tebu Mangkok”. Untuk usaha kue manco di Desa Tambakmas yang paling besar tersebar di Dusun Grogol dan Sriket yang jumlahnya sampai 34 usaha rumahan. Dari usaha tersebut yang paling terkenal diantaranya adalah kue manco milik Bu Gemi dan milik bapak Sumarlan. Sedangkan untuk usaha rumahan Gula merah tebu mangkok dimiliki oleh Bapak Soeronto yang terletak di Dusun Grogol juga. Dengan adanya usaha rumahan diatas ini dapat

Festival Manco Tambakmas 2018

Festival Manco Tambakmas 2018 Monggo sedulur, Desa Tambakmas punya hajat besar terbuka untuk siapapun dan dari kalangan manapun dalam menyambut HUT RI yang ke 73 dengan berbagai acara : 27 - 29 Juli : Pertandingan Sepak Bola Antar Dusun 30 juli - 08 Agustus : Pertandingan Bola Voly Antar RT/RW 03 Agustus : Bersih Dusun Grogol 05 Agustus : Bersih Dusun Tambakmas 08 Agustus : Bersih Dusun Datengan 10 Agustus : Bersih Dusun Sriket 11 Agustus : Malam Pentas Seni 12 Agustus : Fun Bike / Sepeda Ria 12 Agustus : Lomba Tumpeng Se -  Desa Tambakmas 12 Agustus : Festival Manco Tambakmas 2018 dimeriahkan oleh artis-artis bintang pantura indosiar   Ayu Thosika   Linda Axellia   Eka Sanca   dan disiarkan langsung oleh BBS TV Madiun, Youtube, Facebook Live, Instagram, Periscope, Bigo dll.